Senin, 12 Maret 2012

Asal Usul Lubay

Asal usul nama Lubai sebenarnya tidak dapat dibuktikan secara saintifik/ilmu pengetahuan dan mutlak. Bagaimanapun menurut beberapa pendapat nama Lubai asal seperti berikut:

Sumbernye: www.margalubai.blogspot.com


Nama Lubai berasal daripada nama Batanghari Lubai atau Sungai Lubai. Batang hari Lubai meliputi kawasan di sekitar Kecamatan Lubai/eks marga Lubai suku I dan Marga Lubai suku II. Sungai Lubai mengalir ke Sungai Rambang, Sungai Rambang mengalir ke sungai Ogan, Sungai Ogan mempunyai muara di Sungai Musi dekat Kertapati Palembang. Di Muara Ogan ini berdiri dengan kokok Masjid Muara Ogan dibangun di sudut Sungai Ogan dan Sungai Musi, termasuk Kecamatan Kertapati, sekitar tiga kilometer dari pusat Kota Palembang. Saudagar Masagung Abdul Hamid, yang dikenal sebagai Kiai Muara Ogan, mendirikan masjid itu tahun 1889. Nama masjid merujuk pada sebutan Kiai Muara Ogan. ada makam seorang ulama yang dikeramatkan dengan sebutan Kiai Muara Ogan.
*
Nama Sungai Lubai adalah diambil dari nama tempat tingal pertama nenek moyang di Muara Lubai didekat Sungai Rambang yang bernama Kampung Persa Lubai.

Source: http://lubaypost.blogspot.com/2009/08/asal-usul-lubay.html

parket parquet parquet indonesia parket lantai kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar