Selasa, 17 April 2012

Peringatan Tsunami Dikeluarkan ke Segala Penjuru

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA--Peringatan tsunami telah dikeluarkan ke seluruh wilayah Pasifik kecuali Amerika Serikat Daratan dan Kanada menyusul gempa bumi yang berkekuatan sangat kuat melanda Jepang pada Jumat, pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS mengumumkan. Peringatan itu mencakup Hawaii dan meluas ke Meksiko dan negara-negara Amerika Selatan di Pasifik, kata pusat itu.

Di antara negara-negara yang mungkin terkena tsunami adalah Rusia, Taiwan, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, Australia, Selandia Baru, Fiji, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Hoduras, Chile, Ekuador, Kolumbia dan Peru. Badan Pertahanan Sipil Hawaii memerintahkan kawasan-kawasan pesisir, termasuk pusat turis utama Honolulu, dikosongkan pada pukul 2 pagi waktu setempat (12.00 GMT). Gelombang pertama tsunami diperkirakan mencapai Hawaii pukul 3 pagi waktu setempat.

Gelombang-gelombang air laut diperkirakan melanda pulau Guam Pasifik, 2.400 km sebelah selatan Jepang pada pukul 19 waktu setempat (1100 GMT). Pantai-pantai di sana telah dikosongkan, dan hotel-hotel memindahkan para tamu ke kamar-kamar di lantai-lantai lebih tinggi, sementara di kepulauan Mariana Utara di dekatnya, semua penduduk diperintahkan pergi ke tempat-tempat lebih tinggi.

Tsunami lebih tinggi daripada pulau-pulau Pasifik, kata Palang Merah di Jenewa, dengan memperingatkan bahwa negara-negara berkembang di kawasan Asia Pasifik khususnya rentan terhadap kerusakan akibat tsunami. Gempa bumi terkuat yang melanda Jepang dalam 140 tahun melanda pesisir bagian timurlaut pada Jumat, menyebabkan tsunami setinggi 10 meter yang menyapu apa saja, termasuk rumah-rumah dan mobil-mobil.

Pada pukul 0800 GMT tidak ada laporan tsunami yang melanda kawasan Jepang. "Tsunami adalah serangkaian gelombang dan gelombang pertama mungkin bukan yang terbesar," kata pusat itu. "Ancaman bisa berlanjut selama berjam-jam karena gelombang-gelombang air laut bisa datang."

Kesiapan Taiwan
Biro Cuaca Pusat Taiwan memperkirakan gelombang mencapai Hualien dan Taitung di pesisir timur pulau itu sekitar pukul 0930 GMT dan pelabuhan Keelung di bagian timurlaut setengah jam kemudian. "Kami mendesak penduduk di kawasan-kawasan pesisir waspada sementara kami memantau perkembangan tsunami," katanya dalam pernyataan.

Presiden Ma Ying-jeou menyatakan keprihatinan atas kerusakan akibat gempa di Jepang dan berjanji mengirim tim pertolongan jika diperlukan. "Kami harus waspada. Pencegahan bencana lebih baik daripada pertolongan bencana," katanya kepada wartawan.

Sekolah-sekolah dan kantor-kantor di kota-kota kawasan pesisir ditutup lebih awal sementara pasukan penjaga pantai berpatroli di Keelung dan pelabuhan-pelabhuan lain dan memerintahkan nelayan berlindung di darat wasapada atas kemungkinan tsunami, kata para pejabat.

www.ubinkayu.com

Source: http://www.lantaiparket.com/2011/03/peringatan-tsunami-dikeluarkan-ke.html

parquet parquet indonesia parket lantai kayu lantai kayu parket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar